Definisi dan ruang lingkup keselamatan kerja (K3)

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah alat yang melindungi pekerja, bisnis, lingkungan dan populasi di sekitar bahaya pekerjaan. Perlindungan ini adalah hak asasi manusia yang harus dipenuhi perusahaan. K3 bertujuan untuk mencegah, mengurangi, dan bahkan menghilangkan risiko kecelakaan di tempat kerja (zero accident).
Penerapan konsep ini tidak boleh dilihat sebagai upaya untuk mencegah kecelakaan di tempat kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak uang (perusahaan), tetapi sebagai bentuk investasi jangka panjang yang akan sangat bermanfaat di masa depan.
Kedokteran kerja memiliki sifat-sifat berikut:
Tujuannya adalah manusia
b. Medis.
Pemahaman yang sehat selalu digambarkan sebagai kondisi fisik, mental dan sosial seseorang yang tidak hanya bukan tanpa penyakit atau masalah kesehatan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan dan pekerjaan.
Paradigma baru kesehatan bertujuan untuk menjaga orang sehat tetap sehat dan tidak hanya untuk mengobati, mengobati, atau menyembuhkan masalah kesehatan atau penyakit. Oleh karena itu, perhatian utama di sektor kesehatan khususnya pencegahan kemungkinan penyakit dan pemeliharaan kesehatan yang optimal.
Status kesehatan seseorang ditentukan oleh empat faktor:
1. inijasa.com sebagai fisik (alami, buatan) kimia (organik / anorganik, logam berat, debu), biologis (virus, bakteri, mikroorganisme) dan lingkungan sosial budaya (ekonomi, pendidikan, pekerjaan).
2. Perilaku yang meliputi sikap, kebiasaan dan perilaku.
3. Layanan kesehatan: promosi, perawatan, perawatan, pencegahan kecacatan, rehabilitasi dan

4. genetika, yang merupakan faktor bawaan dari setiap manusia.
Juga, status kesehatan pekerja memiliki dampak kuat pada produktivitas pekerjaan mereka. Pekerja yang sehat memungkinkan hasil kerja yang lebih baik dibandingkan dengan pekerja dengan kesehatan yang buruk.
Kesehatan kerja adalah spesialisasi ilmu kesehatan / kedokteran dan praktik-praktiknya, yang bertujuan untuk memastikan bahwa pekerja masyarakat mencapai tingkat kesehatan tertinggi, baik secara fisik maupun mental, melalui tindakan preventif atau kuratif terhadap penyakit akibat kerja dan penyakit terkait. masalah pekerjaan / kesehatan Lingkungan dan penyakit secara umum. Konsep SSM semakin banyak berubah, tidak hanya dalam kesehatan di industri, tetapi juga dalam upaya kesehatan bagi semua orang dalam menjalankan aktivitas mereka.
Istilah kesehatan dan keselamatan kerja (atau sebaliknya) berbeda. Beberapa menyebutnya Corporate Hygiene dan Occupational Health (hyperkeys), sementara yang lain disingkat hanya sebagai K3, dan disebut di luar negeri sebagai Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
Keselamatan di tempat kerja atau keselamatan di tempat kerja, sering disebut sebagai keselamatan dalam arti sehari-hari, secara filosofis didefinisikan sebagai pemikiran dan upaya untuk memastikan integritas dan kesempurnaan tenaga kerja fisik dan spiritual pada khususnya, dan manusia pada umumnya, serta dari hasil budaya dan pekerjaan mereka.
Ilmiah ditafsirkan sebagai pengetahuan dan penerapannya, untuk menghindari kemungkinan kecelakaan di tempat kerja dan penyakit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>