Definisi budaya: makna, elemen, bentuk dan faktor budaya

Apa itu budaya? Secara umum, konsep budaya adalah cara hidup yang ada dalam sekelompok orang, yang dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Ada yang mengatakan bahwa budaya berarti cara hidup yang tumbuh dan berkembang dalam sekelompok orang yang diorganisir sehingga setiap orang memahami apa yang perlu dilakukan dan dalam interaksi dengan manusia lain. Mengontrol perilaku.
Dalam bahasa, kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddha, yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhisme, di mana artinya semua terkait dengan pikiran dan otak manusia. Dalam hal ini, budaya terkait erat dengan bahasa, metode komunikasi atau wilayah atau kebiasaan.
Tujuh elemen yang membentuk budaya adalah:
1. Bahasa, yang meliputi bahasa lisan dan tulisan, yang berfungsi sebagai sarana interaksi dan indikasi budaya peradaban.
2. Sistem pengetahuan, yang meliputi pengetahuan tentang berbagai hal, seperti perilaku sosial, organ manusia, cuaca, tumbuhan dan hewan, dll.
3. Sistem keagamaan, yang mencakup aliran kepercayaan atau agama yang mendukung masyarakat. Kegiatan elemen budaya dari sistem keagamaan, seperti upacara atau tradisi kepercayaan tertentu
4. Sistem penghidupan manusia, termasuk cara hidup manusia. Kegiatan seperti pertanian, perdagangan, pertanian dll.
5. Sistem teknologi manusia, termasuk peralatan produksi, peralatan transportasi, operasi distribusi, komunikasi dan area penyimpanan untuk antar dan / atau orang. Rumah, senjata dan peralatan adalah elemen budaya yang diciptakan oleh peradaban manusia.
6. Sistem sosial, yang meliputi sistem keluarga, kekerabatan, masyarakat, organisasi untuk negara. Sejak lahir, manusia telah menjadi bagian dari organisasi, yaitu mereka yang terlibat dalam kegiatan keluarga dan keagamaan.
7. Seni, yang mencakup berbagai bentuk seni, seperti musik, tari, lukisan, sastra, arsitektur dan lain-lain. Setiap karya kemanusiaan kreatif yang melibatkan seni memiliki komponen budaya.
Kehadiran budaya
Setelah memahami budaya dan unsur-unsurnya, tentu saja, kita juga perlu mengetahui aspek budaya apa yang ada dalam kehidupan seseorang. Budaya adalah sebagai berikut:
1. pikiran atau ide
Pikiran-pikiran atau ide-ide ini ada dalam pikiran manusia atau sadar, yang menciptakan mentalitas atau cara berpikir. Dengan kata lain, manusia memiliki harapan untuk semua yang mereka lihat dan hidup setiap hari.
2. Kegiatan
Aktivitas adalah aktivitas atau pekerjaan manusia yang terbentuk dalam sistem sosial dan yang mengarah pada interaksi antar individu dalam komunitas. Kegiatan ini bekerja sesuai dengan kebiasaan setiap orang.
3. Konsekuensi budaya
Ini adalah tindakan yang muncul dari aktivitas manusia, baik dalam bentuk fisik maupun tidak berwujud. Ide-ide yang diekspresikan dalam aktivitas manusia akan menghasilkan sesuatu yang dapat dilihat, didokumentasikan dan dipantau secara langsung.
Budaya memiliki beberapa nilai dan karakteristik. Mengacu pada pemahaman budaya, karakteristik budaya adalah sebagai berikut:
Budaya dapat melambangkan suku atau wilayah tertentu.
Budaya harus melalui proses pendidikan dan bukan yang intuitif.
guratgarut dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.
Budaya dapat menyebar melalui komunikasi dengan individu, kelompok, dan bahkan generasi berikutnya.
Budaya menawan karena dapat berubah dari waktu ke waktu.
Budaya selektif dan menunjukkan pengalaman dan pola perilaku manusia.
Elemen budaya dapat saling terkait satu sama lain.
Manusia mengklaim bahwa budaya mereka adalah yang terbaik.
Budaya dapat berubah karena proses globalisasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>