Bedakan osteoporosis dan osteopetrosis?

Tentu kalian akan mengira bahwa kedua penyakit itu sama tetapi dalam dunia medis osteoporosis dan osteopetrosis tentu sangat jelas berbeda . osteoporosis adalah dimana kondisi kerapuhan tulang sedangkan osteopetrosis adalha kondisi kepadatan tulang yang tidak normal sehingga mudah patah . dalam keadaan ini di sebabkan oleh gangguan pada fungsi osteoklas yaitu jenis sel tulang . dalam keadaan normal osteoklas dapat berfungsi memecah jaringan tulang yang sudah tua saat jaringan tulang baru tumbuh .

Bahkan penderita osteoporosis dan osteopetrosis berbeda pada osteoporosis , osteoklas tidak akan menghancurkan jaringan tulang tersebut , sehingga menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi tidak normal . jadi osteopetrosis memang kelainan karena faktor keturunan , yang tidak dapat dicegah . skrining rutin untuk kelainan genetic sebelum persalinan dan diikuti dengan perawatan serta terapi yang tepat dan dapat membantu penderita osteopetrosis untuk hidup normal . Dilansir dari alodokter ada beberapa penyebab masing masing jenis osteopetrosis yang disebabkan oleh mutasi gen yang berbeda , seperti :

  1. Mutasi gen CLCN7 yang diketahui menjadi penyebab sebagian besar autosomal dominant osteopetrosis , 10-15% pada kasus autosomal dominant osteopetrosis dan jumlah kasus lain intermediate autosomal recessive .
  2. 50% kasus autosomal recessive disebabkan oleh mutasi gen TCIRG1
  3. X-linked osteopetrosis disebabkan oleh mutasi gen IKBKG . gen ini biasanya terletak kromosom X . pada pria yang hanya memiliki satu kromosom X , mutasi pada satu saja salinan gen ditiap sel akan memicu gangguan ini dan untuk wanita memiliki dua kromosom x yang harus terjadi mutasi pada dua salinan gen tersebut .
  4. Pada 30% kasus osteopetrosis belum diketahui apa penyebabnya .

Bagaimana cara mengetahui perbedaan osteopetrosis dan osteoporosis ? Berikut dilansir dari alodokter ada beberapa ciri ciri atau gejala osteopetrosis :

  • Autosomal dominant osteopetrosis (ADO)

ADO adalah osteopetrosis ringan yang biasanya menyerang orang berusia 20-40 tahun , ADO juga termasuk jenis paling umum dari osteopetrosis dan diperkirakan terjadi pada 1 dari 20ribu orang . Pada penderita osteopetrosis jenis ini memilki resiko menurunkan pada anak sebesar 50 persen . satu mutasi gen dari salah satu orang tua , cukup memicu ADO pada seseorang .

  • Autosomal recessive osteopetrosis (ARO)

Adalah jenis osteopetrosis yang berat dan dapat mempengaruhi bayi walaupun bayi masih dalam kandungan . bayi yang menderita ARO akan  memiliki kondisi tulang yang sangat rapuh bahkan bisa saja saat proses persalinan tulang bahu bayi dapat patah . efek sampingnya pada bayi hingga usia satu tahun ,bayi tersebut yang menderita ARO akan menunjukkan gejala anemia dan trombostopenia yaitu kekurangan sel darah trombosit .

  • Intermediate Autosomal Osteopetrosis (IAO)

Pada jenis ini ostepetrosis yang dapat diwariskan dari salah satu atau kedua orang tua tetapi jenis osteopetrosis ini sangat jarang dan tidak mengancam nyawa seperti jenis ostepetrosis lainnya yaitu ARO tetapi IAO memilki dampak lain yang dapat memicu penumpukan kalsium pada otak dan dapat menyebabkan penderita IAO mengalami retardasi mental .

  • X-linked osteopetrosis

Pada jenis inid iwariskan melalui kromosom X . gejalanya seperti gangguan sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan berkembangnya infeksi menjadi lebih parah serta menimbulkan limfedema. Gejala lainnya dari X-linked ostepetrosis adalah Anhidrotic ectodermal dysplasia yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan kurangnya rambut dikepala dan tubub serta menimbulkan kemampuan tubuh menghasilkan keringat.

Sumber gambar: klikdokter.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>