Bangun, pertahankan, dan perbaiki reputasi Anda

Banyak start-up yang menyebabkan kerusakan. Ini tidak berarti bahwa semuanya tergantung pada reputasi Anda, karena ada banyak faktor yang dapat berkontribusi pada bisnis tanpa keberhasilan. Anda dapat belajar memantau aspek bisnis ini.

Kejujuran dan transparansi adalah kunci untuk memastikan kepercayaan pelanggan Anda. Jangan hapus posting negatif dari situs Anda dan jangan coba sembunyikan. Dengan cara ini, Anda dapat memberi pelanggan Anda kesan bahwa mereka mengabaikan masalah mereka atau bahwa mereka tidak peduli dengan mereka. Selalu terbuka tentang masalah yang mungkin dihadapi perusahaan Anda.

Sebelum menginvestasikan terlalu banyak usaha dalam manajemen reputasi online, periksa berapa banyak yang Anda butuhkan. Telusuri bisnis Anda dengan Google dan Bing. Apakah ada hasil negatif? Apakah situs web dan blog tempat perusahaan Anda beroperasi memiliki sedikit atau tidak ada akses? Jika Anda menjawab “ya” untuk kedua pertanyaan, pekerjaan terputus.

Gunakan jejaring sosial seperti LinkedIn untuk mendukung manajemen reputasi Anda. Jejaring sosial ini bisa sedikit lebih tinggi daripada yang lain. Ini juga merupakan alat penting bagi perusahaan B2B. Ini karena banyak orang mencari layanan profesional di LinkedIn daripada mesin pencari.


Ketika orang meluangkan waktu untuk mengatakan sesuatu tentang bisnis Anda, penting bahwa Anda cukup sopan untuk merespons. Meskipun Anda bisa menjadi orang yang sangat sibuk, tunjukkan audiens Anda bahwa Anda benar-benar peduli dengan mereka dan apa yang mereka katakan. Ini sangat penting jika Anda ingin mempertahankan basis pelanggan yang solid.

Ketika Anda menggunakan ide seseorang, selalu pastikan Anda menghormatinya. Semua orang di luar sana bisa belajar sedikit dari orang lain. Jadi, jika Anda memberikan pengakuan yang diperlukan, Anda akan menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda tidak berpikir Anda di atasnya. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rasa hormat Anda.

Ketika Anda memiliki bisnis, sangat penting bahwa semua karyawan diperlakukan dengan hormat. Kebanyakan orang tidak memaksudkan hal ini, yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Ini dapat menyebabkan orang tidak ingin berbisnis dengan Anda.

Tulis artikel di situs web lain untuk meningkatkan reputasi bisnis online Anda. Ini dapat membantu banyak orang melihat Anda sebagai seorang profesional. Akhiri item Anda dengan nama Anda, perusahaan Anda, dan tautan ke situs web Anda. Tempat Anda menulis tergantung pada tujuan bisnis Anda, niche Anda, dan audiens target Anda. Usahakan untuk menjaga konten tetap relevan untuk elemen-elemen ini.

Media sosial dapat menjadi teman atau musuh bisnis Anda. Anda harus belajar bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda. Buat halaman Anda di situs web seperti Facebook dan Twitter. Bersabarlah dengan pelanggan Anda dan lakukan segala yang Anda bisa untuk membuat mereka bahagia. Ini sangat menguntungkan perusahaan Anda.

Jika Anda menerima umpan balik negatif, tergoda untuk segera meledak, terutama jika orang yang menulisnya tidak sepenuhnya jujur. Lebih baik tetap tenang dan profesional. Ketika orang membaca apa yang Anda berdua katakan, mereka dapat mencapai kesimpulan mereka sendiri.

Saat orang memberi Anda ulasan buruk, Anda harus melakukan yang terbaik untuk menghadapinya tanpa membuat kesalahan. Setelah Anda menerima tanggung jawab untuk hal-hal, Anda akan tampak tidak kompeten di mata pelanggan Anda. Lebih baik minta maaf atas ketidakpuasan mereka, bukan karena insiden khusus.

Anda perlu tahu bagaimana menghadapi gejala negatif dengan cara yang positif. Mereka harus menampilkan diri mereka dengan cara terbaik dan mengurus masalah-masalah kecil, agar tidak memasuki badai salju. Gunakan saran di atas untuk lebih meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>